News

Dukungan Publik yang Tinggi Jadi Modal

tabel survei

  

Jakarta, Kompas - Dukungan publik terhadap demokrasi relatif tinggi. Tingginya dukungan terhadap demokrasi yang disertai tingginya kepuasan terhadap sistem politik demokrasi yang ada saat ini menjadi salah satu modal berharga bagi proses konsolidasi demokrasi di Indonesia.

 

Meskipun demikian, persetujuan terhadap pernyataan negatif tentang demokrasi yang angkanya cukup signifikan patut diperhatikan. Pernyataan negatif tentang demokrasi itu misalnya demokrasi menghambat pembangunan ekonomi atau demokrasi merugikan kelompok minoritas.

 

Demikian dikemukakan peneliti Pusat Penelitian Politik (P2P) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Wawan Ichwanuddin saat memaparkan hasil survei P2P LIPI bertajuk ”Dukungan Publik terhadap Demokrasi Indonesia” di Kantor LIPI, Jakarta, Kamis (11/10).

 

Survei dilakukan secara nasional dengan sampel sebanyak 1.700 orang yang dipilih secara acak bertingkat (multi-stage random sampling). Responden yang diwawancarai adalah warga dewasa, yaitu berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah. Pengumpulan data dilakukan pada 25 Juni-10 Juli 2012 melalui wawancara tatap muka.

 

Apolitis warga

Konsolidasi demokrasi di Indonesia masih dihadapkan kepada rendahnya efikasi politik (kemampuan mencapai hasil yang diinginkan) warga. Ketika berhubungan dengan sistem politik, masyarakat cenderung merasa tidak berdaya.

 

Efikasi yang rendah membuka kemungkinan meningkatnya sikap apolitis warga. Perlu dikaji lebih lanjut apakah informasi politik (termasuk soal karut-marut politik, hukum) melalui media, terutama televisi, berpengaruh langsung dan signifikan terhadap hal ini.

Peneliti Rajawali Foundation Nico Harjanto mengatakan, temuan dari survei ini secara umum cukup menggembirakan bagi perkembangan demokrasi di Indonesia. Di tengah-tengah paradoks demokrasi yang kasatmata, antara lain tingginya kebebasan sipil yang ironisnya diimbangi juga dengan tingginya intoleransi ataupun konflik horizontal, rakyat Indonesia masih percaya terhadap demokrasi.(LOK)

 

Sumber: http://cetak.kompas.com/read/2012/10/12/0248460/dukungan.publik.yang.tinggi.jadi.modal

Leave your comments

0 Character restriction
Your text should be more than 10 characters
Your text should be less than 300 characters
terms and condition.
  • No comments found