Kegiatan AIPI

Pelantikan Pengurus Pusat AIPI, Periode 2011-2015

pelantikanaipiDr. S.H Sarundajang melantik PP AIPI, Periode 2011-2015Sesuai dengan mandat dari hasil Kongres Asoasiasi Ilmu Politik Indonesia (AIPI) ke 8 yang dilaksanakan di Manado, tanggal 18-19 Oktober 2011, bahwa formatur/ketua umum terpilih Dr. SH Sarundajang dalam waktu tiga bulan harus menyusun kepengurusan AIPI Pusat dan beberapa kali rapat terbatas, maka pada hari Senin tanggal 13 Februari 2012, bertempat di Gedung Widya Graha LIPI, dilakukanlah pelantikan dan rapat pleno perdana Pengurus Pusat AIPI (PP AIPI) periode 2011-2015.


Acara pelantikan dihadiri oleh Kepala LIPI, Prof. Dr. Lukman Hakim, Dr. Aswatini (Deputi IPSK LIPI), serta para mantan ketua umum PP AIPI periode sebelumnya, seperti Prof. Dr. Nazarudin Syamsuddin, Prof. Dr. M. Ryaas Rasyid, MA, dan mantan pengurus pusat AIPI. Acara dibuka oleh Dr. SH Sarundajang. Dalam sambutannya Sarundajang berharap agar AIPI lebih terlibat dan turut aktif memikirkan serta mencari solusi berbagai persoalan krusial yang menimpa bangsa Indonesia akhir-akhir ini. Selain itu, ketua umum juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada LIPI, karena dari AIPI berdiri, tahun 1985 sampai dengan hari ini, sekretariat PP AIPI masih bisa ”menumpang” di gedung LIPI. Serta tidak bisa dipungkiri, bahwa AIPI sudah seperti anak kandung dari P2P LIPI.

 

Susunan kepengurusan PP AIPI diisi oleh nama-nama seperti Prof. Dr. Ryaas Rasyid, Prof. Dr. Maswadi Rauf, Prof. Dr. Djohermansyah Djohan, MA. Prof. Dr. Ikrar Nusa Bhakti, Prof. Dr. Syamsuddin Haris, Nurul Arifin, S.IP., M.Si, Dr. J. Kristiadi, dan nama-nama yang lain. Selain itu, untuk kepengurusan kali ini, ada beberapa nama pengurus cabang yang masuk ke PP AIPI, antara lain: Prof. Dr. Subhilhar, MA (Ketua PC AIPI Medan), Dr. I Wayan Gede Suacana, M.Si (Ketua PC AIPI Bali), dan beberapa nama dari AIPI cabang Manado, antara lain: Drs. Roy M. Tumiwa, M. Pd, Vanda Beatrix Jocom, S.Sos., M.Si, , Dr. Noudy Reinold Pierre Tendean, Dr. Ferry Daud M. Liando, S.IP., M.Si, Budi Setiyono, Mpol Admin., P.hD (pengurus AIPI cabang Semarang). Beberapa nama di atas akan menjabat sebagai Pengurus Pusat AIPI masa bhakti 2011-2015.

 

Pada hari yang sama AIPI juga mengadakan rapat pleno perdana. Beberapa hasil keputusan rapat antara lain adalah mengenai penataan organisasi yang meliputi perubahan AD/ART, penataan keanggotaan, penerbitan kartu anggota, dan revitalisasi organisasi pengurus cabang. Selain itu, sebagai bentuk kontribusi nyata AIPI, peserta rapat mengusulkan kontinuitas publikasi seperti Jurnal, buku, dan terbitan yang lain harus terus dilakukan. AIPI bahkan diharap dapat segera beralih ke e-journal, sebagai solusi permasalahan distribusi yang selama ini menjadi kendala tersebarnya jurnal AIPI. Demikian juga untuk menyebarluaskan gagasan dari keluarga AIPI dicanangkan pembuatan website resmi, karena selama ini AIPI baru mempunyai blog.

 

Dalam rapat, komisi kerjasama diharapkan dapat bekerja sama dengan lembaga-lembaga yang ada di pusat dan daerah/pemda, selain meningkatkan kerjasama dengan  kalangan ilmuwan dari bidang keilmuan lain, seperti ilmuan ekonomi, hukum, psikologi, dan lain sebagainya. Karena memang saat ini banyak organisasi atau asosiasi-asosiasi sejenis AIPI. Komisi Advokasi dan Pengabdian Masyarakat akan mulai merancang AIPI Award. Penghargaan itu akan dimulai dengan pemberian penghargaan untuk tesis/skripsi terbaik, tulisan artikel politik oleh wartawan (media cetak dan online) terbaik.

 

Agenda terakhir yang mendesak adalah dilakukannya seminar nasional. Berdasarkan tradisi AIPI, setiap melakukan kongres dibarengi dengan seminar nasional. Oleh karena itu, dalam waktu dekat seminar nasional akan dilaksanakan di Bandung, dengan tentative tema “Reformasi Birokrasi Dan Pemberantasan Korupsi Di Indonesia”. Seminar nasional ini juga akan membuka pemakalah undangan (call for paper). (Ditulis oleh: Prayogo)

Leave your comments

0 Character restriction
Your text should be more than 10 characters
Your text should be less than 300 characters
terms and condition.
  • No comments found