Kegiatan AIPI

Arahan Mendagri di Seminar Nasional XXVII AIPI di UGM

 

Mendagri-seminar-yogyaSumber foto: RRIYogyakarta – Dalam acara Seminar Nasional XXVII Asosiasi Ilmu Politik Indonesia (AIPI), Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo memberikan pengarahannya terkait dengan pemilu serentak.

Dalam kesempatan tersebut, Mendagri menyampaikan bahwa pemerintah bersama dengan DPR melakukan pembahasan RUU Pemilu untuk memperkuat sistem presidensial di Indonesia. Menurutnya, selama 71 tahun Indonesia merdeka, memang diperlukan seuah komitmen untuk membangun sistem yang kuat.

Ia menjelaskan bahwa sebuah sistem yang kuat maka akan mampu menciptakan dan melahirkan para pemimpin yang juga kuat. Dalam artian, sistem pemilu yang dibangun semata-mata untuk menyerap aspirasi masyarakat serta elemen-elemen demokrasi.

“Kesepakatan yang sama-sama kita bangun yakni memperkuat sistem pemilu presidensial yang multipartai, sistem kuat akan melahirkan orang kuat,” ungkap Mendagri Tjahjo di Fisipol Universitas Gadjah Mada (UGM) kemarin, Kamis (27/4/2017).

Karenanya, Mendagri berharap agar nantinya pada pemilu serentak tahun 2019 ada peran dari perguruan tinggi dalam mewujudkan sistem pemilu yang jujur, bersih dan adil.

“Saya kira, seminar ini akan memperkaya masukan dari semua pihak pengamat untuk penyempurnaan yang baik,” ujarnya lagi.

Di sisi lain, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono mengatakan kalau seorang pemimpin memang memiliki tanggung jawab dan sikap batin yang merakyat. Hal ini karena seorang pemimpin adalah seorang pembuat kebijakan yang seharusnya bisa menjadi teladan.

“Pemimpin sejati harus sela berkorban tanpa memikirkan apa yang akan di dapat dari pelayanan yang diberikan,” ungkapnya. (KEMENDAGRI)

Sumber: http://www.tjahjokumolo.com/2017/04/arahan-mendagri-di-seminar-nasional-xxvii-aipi-di-ugm/

 

Leave your comments

0 Character restriction
Your text should be more than 10 characters
Your text should be less than 300 characters
terms and condition.
  • No comments found