Kegiatan AIPI

Diskusi Akhir Tahun AIPI Cabang Palu

foto diskusi aipi palu(Foto: AIPI Cab. Palu)

Di penguhujung akhir tahun 2017, AIPI Cabang Palu, Sulawesi Tengah menggelar diskusi akhir tahun dengan topik “Prospek Tahun Politik dan Masa Depan Demokrasi di Indonesia”. Topik ini dipilih karena berkaitan dengan pilkada serentak yang dilaksanakan di Sulawesi Tengah antara lain Kabupaten Donggala, Kabupaten Parigi Moutong dan Kabupaten Morowali. Selain itu, tema diskusi juga membahas isu-isu terkini seperti pilpres, politik identitas, politik lokal dalam pusaran media lokal hingga etnisitas dalam rekruitmen elit politik.


Dr. Slamet Riadi, M.Si selaku Ketua AIPI Cabang Palu dalam pengantar diskusi awal menjelaskan bahwa tahun 2018 pilkada serentak akan terjadi dibeberapa wilayah Indonesia. “Tahun 2018 akan banyak dilaksanakan pilkada serentak termasuk tiga wilayah di Sulteng antara lain Donggala, Parimo (Parigi Moutong) dan Morowali. Tahun depan juga akan melihat perspektif demokrasi pada level lokal,” ujar Slamet.


Selaku moderator, Dr. M. Nur Alamsyah, M.Si juga mengingatkan bahwa tema diskusi ini akan mencoba membahas topik yang lain seputar demokratisasi khususnya di Sulawesi Tengah. “Saya pikir banyak isu-isu yang bisa diangkat dalam topik ini dan berharap teman-teman bisa mengekplorasi hal tersebut,” imbuh Alamsyah.


Hal yang sama juga ditambahkan oleh Ketua KPU Sulawesi Tengah, Sahran raden, S.Ag., M.Ag yang bersedia hadir untuk memberikan deksripsi peta politik dan situasi terkini demokrasi di Sulteng. “Tahun depan banyak kegiatan yang akan dilakukan termasuk persiapan menjelang pileg dan pilpres. Persiapan ini antara lain tentang penataan dapil dan wacana pembentukan satgas antisipasi kampanye hitam,” kata Sahran. Ia menambahkan karena pelaksanaan pileg dan pilpres tidak akan terasa sudah hampir menuju pelaksanaannya.


Diskusi ini digelar di Restoran Kampung Nelayan (30/12/2017) dengan mengundang berbagai elemen yang terkait. Hadir dalam diskusi tersebut Ketua AIPI Cabang Palu, Dr. Slamet Riadi, M.Si, Ketua KPU Sulteng, Sahran Raden, S.Ag., M.Ag, dan beberapa staf edukasi FISIP Universitas Tadulako antara lain: Dr. Irfan Mufti, M.Si, Dr. Intam Kurnia, M.Si, Dr. H. Sasterio, M.Si, Dra. Nurhamni, M.Si, Dr. Achmad Herman, M.Si, Muh. Arif, S.IP., M.Si serta beberapa mahasiswa FISIP UNTAD. (ACHER, red.)

 

Leave your comments

0 Character restriction
Your text should be more than 10 characters
Your text should be less than 300 characters
terms and condition.
  • No comments found