Publikasi AIPI

Desentralisasi, Demokratisasi & Akuntabilitas

desentralisasi akuntabilitasJudul : Desentralisasi, Demokratisasi & Akuntabilitas

Penulis : Ryaas Rasyid, dkk

Penerbit : LIPI Press

Cetakan : Kedua, Maret 2005

Tebal : 416 halaman

 

Desentralisasi, demokratisasi dan akuntabilitas pemerintahan daerah merupakan tiga kata kunci yang penting dalam implementasi otonomi daerah. Ketiganya memiliki hubungan yang tidak saling terpisahkan. Akuntabilitas atau pertanggungjawaban di dalam konteks politik merupakan suatu konsep yang melekat di dalam teori dan praktek demokrasi. Di situlah terlihat bahwa semangat demokrasi jelas menghendaki suatu pemerintahan yang bersendikan "pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat." Karenanya, akuntabilitas sangat erat kaitannya dengan kedaulatan rakyat, sebab bertanggungjawabnya penguasa kepada rakyat berarti mengakui bahwa rakyatlah yang memiliki kekuasaan yang sesungguhnya (Miriam Budiardjo).

 

Buku ini mengular permasalahan di atas dari pengalaman empirik maupun teoritik. Pengalaman empirik dibahas oleh sejumlah narasumber yang terlibat secara langsung dalam praktek otonomi daerah. Sementara pandangan teoritik dikaji oleh sejumlah ilmuwan politik.

 

Sebagai hasil workshop, buku ini juga memberikan solusi akademik mengenai permasalahan yang timbul di dalam implementasi otonomi daerah.