Kegiatan AIPI

Diskusi Media "Evaluasi Pilkada Serentak 2018"

Pada hari Senin tanggal 2 Juli 2018 bertempat di Hotel Atlet Century, Senayan - Jakarta. Asosiasi Ilmu Politik Indonesia (AIPI) bekerja sama dengan Populi Center menyelenggarakan diskusi media dengan tema "Evaluasi Pilkada Serentak 2018". Hadir sebagai narasumber antara lain: Prof. Dr. Syamsuddin Haris (Peneliti senior LIPI/Dewan Pengawas PP AIPI), Dr. Alfitra Salam (Ketua Umum PP AIPI/Komisioner DKPP), Dr. Philips J. Vermonte (Direktur CSIS/Pengurus Pusat AIPI), Dr. Ali Munhanif (Dosen UIN/Anggota AIPI), Nona Evita, MA (Peneliti Populi Center/Anggota AIPI), dan diskusi dimoderatori oleh Dr. Ferry Daud Liando (Pengurus Pusat AIPI/PC AIPI Manado).  

Setelah diskusi acara dirangkai dengan halal bihalal  dan rapat Pengurus Pusat AIPI. Dalam rapat, Ketua Umum menyampaikan bahwa dalam waktu dekat (akhir Agustus) AIPI akan menerbitkan buku "Sistem Presidensial dari masa Soekarno hingga Jokowi" hasil kerja sama dengan Yayasan Obor. Selain itu, diagendakan AIPI bekerja sama dengan Populi Center akan menyelenggarakan serial diskusi menjelang Pilpres 2019. (PRA)

Berikut beberapa berita terkait kegiatan diskusi.

https://tirto.id/hasil-pilkada-2018-dinilai-tak-pengaruhi-koalisi-parpol-pemilu-2019-cNnQ

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Dokumentasi kegiatan. 
 
Diskusi2Juli18-1

 Diskusi2Juli18-2

 Diskusi2Juli18-2b

 

Diskusi2Juli18-3

 

Diskusi2Juli18-4

 

Diskusi2Juli18-5

 

Diskusi2Juli18-6

 

Diskusi2Juli18-7

Pertemuan AIPI cabang Jakarta dengan FISIP UKI

 

Pengurus AIPI cabang Jakarta mengadakan pertemuan dengan pimpinan FISIP UKI pada hari Kamis tanggal 28 Juni 2018 bertempat di kampus UKI Jakarta. Dalam kesempatan tersebutKetua AIPI Jakarta, Dr. Mohammad Noer memaparkan sejarah berdirinya AIPI serta program-program yang diselenggarakan baik oleh AIPI Pusat maupun AIPI Jakarta. AIPI Jakarta mengundang semua dosen FISIP UKI untuk bergabung menjadi anggota AIPI. Selain itu dibicarakan juga tentang rencana seminar bersama antara dua lembaga yang tema dan jadwalnya akan ditentukan.Dalam pertemuan tersebutDekan FISIP UKI Angel Damayanti, Ph.D, menyambut baik gagasan yang disampaikan dan bersedia melakukan kerjasama dgn AIPI cabang Jakarta. Pertemuan juga bersepakat membentuk tim kecil untuk menyusun langkah-langkah berikutnya. (MN)

AIPI Jakarta

 

Laporan Pelaksanaan Acara Pelantikan Pengurus Cabang Asosiasi Ilmu Politik Indonesia (PA AIPI) Semarang Periode 2018-2022 dan Seminar Nasional “Membaca Pilkada 2018”

Deskripsi dan Pelaksanaan Kegiatan
Kegiatan ini bernama Pelantikan Pengurus Cabang Asosiasi Ilmu Politik Indonesia (PC AIPI) Semarang periode 2018-2022 dan Seminar Nasional “Membaca Pilkada 2018”. Acara ini diselenggarakan di Hotel Santika Premier, Semarang, pada hari Selasa, 27 Februari 2018 pukul 09.00-16.00 WIB. Acara dilaksanakan dengan diawali pelantikan PC AIPI Semarang periode 2018-2022. Pengurus yang hadir kurang lebih sebanyak 39 orang. 

Setelah pelantikan, acara dilanjutkan dengan pembukaan Seminar Nasional dengan tema “Membaca Pilkada 2018”. Acara ini terbagi ke dalam dua sesi. Adapun pada sesi pertama, diskusi dimoderatori oleh Bapak Yuwanto, PhD. Pembicaranya adalah:

  1. Dr. H. Wisnu Suhardono, S.E., M.Si. (akademisi)
  2. Dr. Teguh Yuwono, M.Pol.Admin. (akademisi)
  3. Dr. Ir. H. Sri Puryono karto Soedarno, M.P. (Sekretaris Daerah Propinsi Jateng) 

Sedangkan pada sesi kedua, diskusi dilanjutkan setelah Ishoma, dengam dimoderatori oleh Ibu Dra. Fitriyah, M.A. Pembicara pada sesi kedua ini antara lain: 

  1. Airlangga Pribadi Kusman, PhD. (Dosen Unair)
  2. Drs. Muhammad Adnan, M.A. (akademisi)
  3. Prof. Dr. Syamsuddin Haris (akademisi) 

Acara berjalan dengan lancar dengan jumlah peserta sebanyak kurang lebih 150 orang. Pengurus yang dilantik sekitar 39 orang. Sertifikat peserta dibagi setelah acara selesai.

 

IMG-20180227-WA0035

 

IMG-20180227-WA0020

 

IMG-20180227-WA0025

Nur Hidayat Sardini pimpin AIPI Semarang

 

NHSDok: DKPP RISemarang (Antaranews Jateng) - Mantan Ketua Bawaslu RI Nur Hidayat Sardini dilantik sebagai Ketua Asosiasi Ilmu Politik Indonesia (AIPI) Semarang untuk periode 2018-2022.

Pelantikan pengurus AIPI Semarang di Semarang, Selasa, dipimpin langsung oleh Ketua Umum AIPI Alfitra Salam.

Usai dilantik, Sardini mengatakan kepengurusan baru ini kembali aktif setelah sempat vakum selama beberapa waktu.

"Di Semarang sudah lama `off` agak lama. Pengukuhan pengurus baru ini bersamaan momentumnya dengan pilkada serentak," katanya.

Menurut dia, AIPI beranggotakan sejumlah akademisi, peneliti, hingga praktisi politik.

Ia mengajak seluruh praktisi ilmu politik dari berbagai perguruan tinggi di Semarang untuk bergabung.

Ia juga mengajak para anggota AIPI untuk turut berperan serta dalam menyukseskan pelaksanaan pilkada serentak tahun ini.

Ia mengharapkan masukan kepada para penyelenggaran pemilu untuk memberi porsi lebih pada masyarakat untuk berpartisipasi dalam pilkada.

antarajatengSementara itu, kepengurusan AIPI Semarang diisi sejumlah tokoh dari berbagai latar belakang.

Bidang Pengkajian dan Pengembangan Ilmu dipimpin oleh Laila Khalid Alfirdaus. Sementara Bidang Publikasi diketuai Teguh Hadi Prayitno, mahasiswa S3 Undip yang juga seorang jurnalis.

Mantan Ketua KPU Jawa Tengah Fitriyah dipercaya untuk memimpin Bidang Kerjasama dan Hubungan Antar Lembaga.

Adapun Bidang Advokasi dan Pengabdian Masyarakat diketuai oleh Puji Astuti, dosen Fisip Undip.

 

Dosen Fisip Undip Terpilih Jadi Ketua Umum AIPI Cabang Semarang

 

semarangTRIBUNJATENG.COM, SEMARANG - Pelaksanaan Pilkada serentak di seluruh Indonesia segera dilaksanakan. Diharapkan Pilkada berlangsung dengan lancar, aman dan berkualitas.

Hal itu disampaikan oleh Peneliti LIPI Dr. Alfitra Salam saat memberi sambutan dalam Seminar Nasional Membaca Pilkada 2018.

"Evaluasi terhadap proses pelaksanaan pilkada harus terus dilakukan, agar pilkada semakin berkualitas" tegas Alfitra.

Seminar juga menampilkan pembicara lain, diantaranya Prof. Syamsudin Haris yang mengambil tema "Polkada 2018 dan Peluang Kampanye Negatif dan Kampanye Hitam". Airlangga Pribadi Kusman, Ph.D yang mengambil tema "Fenomena Populisme dalam Pilkada"

Sebelum pelaksanaan seminar dilaksanakan pelantikan pengurus Asosiasi Ilmu Politik Indonesia (AIPI) Cabang Semarang  di Hotel Santika Semarang, (27/2/2018).

Pengurus AIPI Semarang periode 2018-2022 dikukuhkan oleh Dr. Alfitra Salam Ketua PP AIPI.

Terpilih sebagai Ketua Umum adalah Dr. Nur Hidayat Sardini dosenFisip Undip yang juga mantan ketua Bawaslu Pusat.

Pengurus yang duduk di organisasi tempat bernaungnya para sarjana ilmu politik, ilmu pemerintahan, ilmu sosial, praktisi politik, serta peminat di bidang politik ini, berasal dari berbagai profesi.

Seperti dosen FISIP di berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta di Semarang, politisi, mahasiswa S3 Doktor Ilmu Sosial, jurnalis dan sebagainya.

Kepengurusan AIPI dilengkapi dengan bidang-bidang, antara lain Bidang Pengkajian dan Pengembangan Ilmu dengan ketua Dr. Laila Khalid Alfirdaus, MPP dosen FISIP Undip yang membawahi Subbidang Diskusi Rutin dan Berkala, Subbidang Diseminasi Pemikiran Politik, Subbidang Penelitian, Subbidang Kurikulum dan Ilmu Politik, Subbidang Penelitian.

Bidang Publikasi diketuai oleh Teguh Hadi Prayitno MM, M.Hum, Mahasiswa S3 Doktor Ilmu Sosial Undip yang juga jurnalis, yang membawahi Subbidang Jurnal Ilmiah, Subbidang Penerbitan Buku, Subbidang Sosial Media, Subbidang Kehumasan. Bidang Advokasi dan Pengabdian Masyarakat diketuai oleh Drs. Puji Astuti, M.Si, dosen FISIP Undip yang membawahi Subbidang Pengabdian Masyaarakat, Subbidang Pendidikan Kewarganegaraan.

Bidang Kerjasama dan Hubungan Antar Lembaga diketuai oleh Dra. Fitriyah, MA, dosen FISIP Undip yang juga mantan Ketua KPUD Jawa Tengah, yang membawahi Subbidang Kerjasama, Subidang Hubungan Antar Lembaga. Bidang Organiasai diketuai oleh Moch Aris Munandar S.Sos, MM dosen Unnes yang membawahi Subbidang Keanggotaan, dan Subbidang Pengawasan.(*)

Sumber: http://jateng.tribunnews.com/2018/02/27/dosen-fisip-undip-terpilih-jadi-ketua-umum-aipi-cabang-semarang

 

 

Diskusi Akhir Tahun AIPI Cabang Palu

foto diskusi aipi palu(Foto: AIPI Cab. Palu)

Di penguhujung akhir tahun 2017, AIPI Cabang Palu, Sulawesi Tengah menggelar diskusi akhir tahun dengan topik “Prospek Tahun Politik dan Masa Depan Demokrasi di Indonesia”. Topik ini dipilih karena berkaitan dengan pilkada serentak yang dilaksanakan di Sulawesi Tengah antara lain Kabupaten Donggala, Kabupaten Parigi Moutong dan Kabupaten Morowali. Selain itu, tema diskusi juga membahas isu-isu terkini seperti pilpres, politik identitas, politik lokal dalam pusaran media lokal hingga etnisitas dalam rekruitmen elit politik.


Dr. Slamet Riadi, M.Si selaku Ketua AIPI Cabang Palu dalam pengantar diskusi awal menjelaskan bahwa tahun 2018 pilkada serentak akan terjadi dibeberapa wilayah Indonesia. “Tahun 2018 akan banyak dilaksanakan pilkada serentak termasuk tiga wilayah di Sulteng antara lain Donggala, Parimo (Parigi Moutong) dan Morowali. Tahun depan juga akan melihat perspektif demokrasi pada level lokal,” ujar Slamet.


Selaku moderator, Dr. M. Nur Alamsyah, M.Si juga mengingatkan bahwa tema diskusi ini akan mencoba membahas topik yang lain seputar demokratisasi khususnya di Sulawesi Tengah. “Saya pikir banyak isu-isu yang bisa diangkat dalam topik ini dan berharap teman-teman bisa mengekplorasi hal tersebut,” imbuh Alamsyah.


Hal yang sama juga ditambahkan oleh Ketua KPU Sulawesi Tengah, Sahran raden, S.Ag., M.Ag yang bersedia hadir untuk memberikan deksripsi peta politik dan situasi terkini demokrasi di Sulteng. “Tahun depan banyak kegiatan yang akan dilakukan termasuk persiapan menjelang pileg dan pilpres. Persiapan ini antara lain tentang penataan dapil dan wacana pembentukan satgas antisipasi kampanye hitam,” kata Sahran. Ia menambahkan karena pelaksanaan pileg dan pilpres tidak akan terasa sudah hampir menuju pelaksanaannya.


Diskusi ini digelar di Restoran Kampung Nelayan (30/12/2017) dengan mengundang berbagai elemen yang terkait. Hadir dalam diskusi tersebut Ketua AIPI Cabang Palu, Dr. Slamet Riadi, M.Si, Ketua KPU Sulteng, Sahran Raden, S.Ag., M.Ag, dan beberapa staf edukasi FISIP Universitas Tadulako antara lain: Dr. Irfan Mufti, M.Si, Dr. Intam Kurnia, M.Si, Dr. H. Sasterio, M.Si, Dra. Nurhamni, M.Si, Dr. Achmad Herman, M.Si, Muh. Arif, S.IP., M.Si serta beberapa mahasiswa FISIP UNTAD. (ACHER, red.)