Kegiatan AIPI

AIPI Manado Gelar Seminar Evaluasi Pilkada 2018

ferry 

Laporan Wartawan Tribun Manado Ryo Noor

 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Asosiasi Ilmu Politik Indonesia (AIPI) Manado menggelar seminar nasional di Ruang C J Rantung, Kantor Gubernur Sulut, Jumat (14/9/2018).Ferry Liando , Wakil Ketua AIPI Cabang Manado mengatakan, seminar pada hari ini menyangkut evaluasi Pilkada Serentak 2018 dan Prospek Pemilu 2019 "Peserta seminar para mahasiswa," kata Ferry kepada tribunmanado.co.id, Jumat (14/2018).

 

Sejumlah pembicara siap memaparkan materi yakni Frits Siregar Anggota Bawaslu RI, Ketua AIPI Cabang Manado Steven Kandouw, Peneliti Kepemiluan Unsrat Ferry Liando, Ketua Bawaslu Sulut Herwin Malonda, dan Ketua KPU Sulut Ardiles Mewoh.

 

Ferry mengatakan, evaluasi Pilkada dilakukan guna perbaikan Pilkada atau pemilu ke depan. "Apakah regulasi Pilkada mengandung kepastian hukum. Artinya apakah tidak multitafsir, tidak tumpang tindih dengan aturan lain,," ujar dia.

 

Apakah memiliki aturan ketersedian norma yang lengkap?

 

Kedua, apakah parpol menjalankan fungsi dengan baik mulai dari seleksi calon sampai pada pemenagan pasangan. Ketiga, apakah penyelengara telah menjalankan fungsi2 dengan baik. Keempat apakah pemilih telah menjalankan hak dan kewajibannnya sebagai pemilih.

 

Apakah hak-hak konstitusional warga negara dijamin sepenuhnya pada proses Pilkada. Keempat apakah tahapan dsn proses Pilkada berjalan dengan baik. Seminar ini akan menggali hambatan-hambatan dalam setiap tahapan serta aakan membahas solusi yang bisa diperbaiki guna pelaksanaan Pilkada atau pemilu selanjutnya.

 

Sejumlah pertanyaan ini akan dibahas dalam seminar.

AIPI Manado bekerjasama dengan pemprov Sulut dan program pendidikan tata kelola pemilu pascasarjana Unsrat.

 

 

Penulis: Ryo_Noor     

Editor: Ferra Faradila Rizki Sahibondang

 

Sumber: http://manado.tribunnews.com/2018/09/14/aipi-manado-gelar-seminar-evaluasi-pilkada-2018

 

Leave your comments

0 Character restriction
Your text should be more than 10 characters
Your text should be less than 300 characters
terms and condition.
  • No comments found