Kegiatan AIPI

Dr. Saiful Ahmad, M.Si Terpilih Sebagai Ketua AIPI Cabang Malut

ahmad

 

DETIKINDONESIATERNATE, – Dosen Pascarjana Universitas Muhammadiyah Maluku Utara. Dr.Saiful Ahmad, M.Si terpilih untuk menahkodai Asosiasi Ilmu Politik Indonesia (AIPI) Perwakilan Provinsi Maluku Utara, periode 2020-2023.

Saful terpilih secara aklamasi sebagai Ketua AIPI melalui musyawarah yang digelar di Aula Gedung Rektorat UMMU Ternate, Sabtu (11/01/20).

Musyawarah pertama AIPI Maluku Utara dipimpin oleh Abdul Malik Silia, S.IP dan Irdam Naibu,S.IP. Musyawarah dihadiri puluhan Alumni Ilmu dan Sarjana Politik serta para Dosen.

Sebelumnya empat nama bakal calon kandidat yang diusung panitia seleksi yakni, Irmon Machmud,S.IP., M.A, Abdul Aziz Marsaoly, S.IP., M.Si dan Tamin Hi. Ilan Abanu, S.IP., M.AP, serta Dr. Saiful Ahmad, M.Si. namun tiga dari empat nama itu belum berkesempatai menghadiri musyawarah itu.

Abdul Malik Silia, S.IP yang juga Anggota DPRD Provinsi Maluku Utara selaku pimpinan sidang kemudian memberikan kesempatan nama lain untuk mencalonkan diri. 

Alhasil tiga nama calon kandidat yang diusuljan para peserta musyawarah, yakni Dr. Muhlis Hafel, M.Si, Agus Mawanda, S.IP, M.Pol dan Dr.Saiful Ahmad, M.Si untuk berkompotisi. Namun keduanya belum besedia untuk melanjutkan kesempatan emas itu Sehingga secara aklamasih Dr. Saiful Ahmad, M.Si mendapat kesempatan menahkodai AIPI Malut.

maluku1Saat diwawancarai, Ketua terpilih Dr. Saiful Ahmad, M.Si menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua peserta musyawarah yang memberikan kepercayaan kepada dirinya menjadi ketua terpilih.

Dia menyampaikan bahwa Asosiasi Ilmu Politik yang baru terbentuk itu merupakan wadah yang terbilang seksi terkait dengan proses dinamika politik di Maluku Utara.

“Semua teman-teman sarjana Ilmu Politik, kita harap berpartisipasi melalui wadah ini, disinilah menjadi tempat curah gagasan, berdiskusi atau sharing opini terkait dinamika politik terkini, agar kita tidak tertinggal dengan daerah lain yang memang sudah terkesan baik dari sisi angka penilaian demokrasinya,” ucap Saiful.

Saiful juga menambahkan jika dirinya ingin mengembangkan wadah AIPI agar bisa memicu teman-teman terutama sarjana Ilmu Politik untuk betul-betul memahami dan mengkombinasikan politik praktis, mengapilikasikan teori konsep dab untuk pengembangan dunia politik secara baik dan benar.

“Saya berharap ini kombinasi pengurus yang memiliki talenta yang bagus. Jadi ada alumi Ilmu Politik dari luar Maluku Utara, misalnya UI, UNHAS, UGM, Pajajaran, dan Samratulangi maupun Patimura, itu akan kita himpun semua dalam kepengurusan ini, agar wadah ini menjadi baik kedepan,” lanjut Saiful.

Sementara itu Pengamat Politik yang juga sebagai Dosen Senior Ilmu Politik Dr. Muhlis Hafel, M.SI. menyampikan jika AIPI Maluku Utara bisa memberikan pencerahan terhadap kondisi politik di Maluku Utara, dimana kondisi politik Maluku Utara sendiri pernah tercoreng secara nasional hingga memicu keributan.

Muhlis berharap, Asosiasi ini sebagai salah satu wadah untuk memberikan pencerahan dan memberikan pembelajaran bagi masyarakat Maluku Utara.

Menurutnya politik itu tidak harus selalu konfik yang diidentik dengan kekerasan. Namun konflik yang dimaksudkan adalah dalam koteks berpendapat, karena itu, Politik adalah sebuah seni, politik juga sebuah kebaikan, politik sebuah kekuasaan yang menciptkan kebaikan.

“Kekuasaan itu dibentuk, dicari, dipilih demi sebuah kebaikan, mungkin forum ini akan memberikan pencerahan pertama bagai masyarakat di Maluku Utara. Kita harap para alumni agar lebih memberikan peran, karena banyak lembaga-lembaga politik yang belum diisi oleh teman-teman alumni politik,” Ujar Dosen Ilmu Politik UT Ternate. (DI/PIAN)

maluku2

 Sumber: http://detikindonesia.co/2020/01/11/dr-saiful-ahmad-m-si-terpilih-sebagai-ketua-aipi-malut/

 

 

 

 

Leave your comments

0 Character restriction
Your text should be more than 10 characters
Your text should be less than 300 characters
terms and condition.
  • No comments found